Warga Djohar 12 Halal Bihalal Ke Rumah Ketua RT.001/06 Kp. Perigi Bedahan
Acara Halal Bihalal Idul Fitri 1440 H

BeritaKawasan.com – Ketika Idul Fitri tiba, ada momentum yang sangat berharga, yaitu halal bi halal.  Karena halal bihalal momentum pempererat persaudaraan dan tali silaturahmi sesama umat islam. Halal bi Halal merupakan tradisi orang Islam Indonesia yang saling silaturahim dan saling memaafkan antar keluarga, saudara dan tetangga. Tradisi ini baik untuk dilestarikan mengingat persaudaraan sebangsa kita semakin jelas perbedaannya yang menyebabkan konflik.

Dewasa ini garis-garis perbedaan antar kelompok semakin dipertegas. Perbedaan akan berpotensi menjadi konflik apalagi kalau diperparah dengan kepentingan politik. Perbedaan berpendapat dan keyakinan menjadi rahmat yang seharusnya tidak semakin dipertegas garis-garisnya.

Setiap kelompok mempunyai cara pandang yang berbeda terhadap suatu hal. Baik kelompok agama ataupun kelompok organisasi kemasyarakatan, mempunyai standar sendiri terhadap suatu kebenaran. Seringkali perbedaan antar kelompok tersebut ditonjolkan untuk menampilkan identitas atau eksistensi atas kelompoknya.

Keangkuhan budaya berpikir dan bersikap tersebut akan melahirkan sikap otoriter yang hanya membenarkan diri sendiri dan menganggap orang atau peradaban lain sebagai kesalahan.

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari istimewa menjadi momentum untuk menghapus garis-garis perbedaan yang menyulut konflik. Hari Raya Idul Fitri adalah momentum untuk saling memaafkan dan momentum kemenangan atas umat Islam yang telah melawan hawa nafsu atas dirinya sendiri selama sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Rabu, (05/06/2019) warga perumahan Djohar 12 Bedahan Sawangan Depok berkunjung halal bihalal kerumah Ketua RT.01/06 (pak Sutimin) pada Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Warga Djohar 12 Halal Bihalal Ke Rumah Ketua RT.001/06 Kp. Perigi Bedahan

Bagi Suherman (Ketua Organisasi Forum Komunikasi Djohar), persamaan kita sebagai umat Islam adalah “Laa ilaha illallaah” dari persamaan ini baginya kita haram untuk saling membenci, mengganggu, prasangka buruk, mencaci, bergosip, provokasi satu sama lain, dan mengambil hartanya orang lain. Maka, Hari Raya Idul Fitri ini adalah momentum kita untuk menyambung persaudaraan, saling memaafkan, menjaga prasangka baik kita. Karena hari Raya Idul Fitri adalah momentum yang tepat untuk kita kembali fitrah atau mensucikan hati,” ujar Suherman.

Warga Djohar 12 Halal Bihalal Ke Rumah Ketua RT.001/06 Kp. Perigi Bedahan
KETUA RT.001/06 Perigi Bedahan – Depok

Pak Sutimin (Ketua RT.01/06 kampung Perigi Bedahan Depok) menambahkan, “Saya ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh warga Djohar 12 yang telah menyempatkan waktu untuk halal bihalal ketempat saya. Saya juga berharap kepada seluruh warga masyarakat RT.01/06 Perigi Bedahan Depok dapat terus menjaga kerukunan karena menurutnya membangun lingkungan tidak dapat hanya dilakukan sekelompok orang saja. Kehidupan beragama dan bermasyarakat kita cukup baik di lingkungan kita ini. Mari kita jaga lingkungan kita, jangan mau difitnah dan jangan terjadi perpecahan di antara kita. Karena untuk membangun lingkungan yang baik ini perlu kebersamaan kekompakan,” pungkasnya kepada BeritaKawasan.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here