Arus balik mudik 2019 (Foto : RAKA DENNY/JAWA POS)
Arus balik mudik 2019 (Foto : RAKA DENNY/JAWA POS)

BeritaKawasan.com – Arus balik mudik Idul Fitri 1440 H diprediksi mencapai puncaknya pada 8 dan 9 Juni 2019, hampir dipastikan pemudik yang menggunakan jalur darat akan bertemu dengan kemacetan hingga dapat memakan waktu perjalanan hingga berjam-jam lamanya.

Pada kondisi arus balik tersebut pemudik cukup rentan mengalami kelelahan karena perjalanan yang panjang dan lama. Jika sudah demikian, daya tahan tubuh akan menurun sehingga mudah terpapar berbagai penyakit dan infeksi.

Hal itu diungkapkan Ahli Endoskopi Gastrointenstinal yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB.

“Pemudik bisa terpapar infeksi, baik infeksi saluran pernafasan, infeksi pencernaan atau terkena infeksi demam berdarah. Stres yang terjadi akibat kemacetan juga memperburuk keadaan,” tegasnya yang dikutip dari Jawapos.com, Jumat (7/6/2019).

Untuk itu penting diketahui bahwa mempersiapkan kondisi kendaraan dan kondisi tubuh sangat diperlukan saat akan melakukan perjalanan yang panjang serta berisiko menjumpai kemacetan agar tidak mengalami kelelahan.

Berikut adalah Tips untuk Pemudik Arus Balik agar Aman dan Nyaman Di Jalan :

  • Cek perlengkapan kendaraan

Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan Anda tersedia. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat Anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain di dalam kendaraan.

  • Bawalah sparepart cadangan

Jangan abaikan soal yang satu ini. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan panjang. Pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraan Anda.

  • Cek kondisi kendaraan

Kendaraan adalah tulang punggung perjalanan Anda. Oleh karena itu, pastikan kendaraan Anda apakah mobil atau motor siap digunakan untuk perjalanan jauh. Sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh.

  • Jaga Kondisi tubuh

Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan Anda juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap empat jam.

  • Hiburan

Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin Anda hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur Anda dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman setia dalam perjalanan.

  • Daftar barang bawaan

Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Lakukanlah ini sebelum Anda mulai beberes. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.

  • Kotak P3K dan Istirahat yang cukup

Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K Anda. Minyak angin, rheumason, betadine, dan obat sakit kepala adalah beberapa hal yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain. Penting dilakukan adalah istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan untuk mempersiapkan kondisi tubuh agar tidak cepat lelah.

  • Minum air putih yang banyak dan Konsumsi Buah

Mau tidak mau dan suka tidak suka pemudik harus banyak minum air putih sebelum berangkat, dan kalau perlu mengosumsi suplemen atau vitamin sehingga tubuh akan tetap terhidrasi. Jangan lupa air putih dibawa sebagai perbekalan. Selama mudik akan baik jika membawa buah-buahan. Banyak mengkonsumsi buah-buahan terutama yang banyak mengandung air akan membuat tubuh tetap terhidrasi.

  • Pilih waktu yang baik

Sebelum memutuskan kapan akan memulai perjalanan, alangkah baiknya mengamati situasi jalan yang akan dilalui nanti dengan mencari informasi melalui media yang mengabarkan kondisi lalu lintas arus balik. Dengan demikian Anda bisa mengatur waktu yang baik agar terhindar dari kemacetan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here