Samsung Peduli Lombok Bersama PMI Bangun 500 Hunian Sementara

0
19

Jakarta – Samsung Electronics Indonesia menyerahkan donasi (25/9) R p 1,5 Milyar melalui Palang Merah Indonesia (PMI) yang akan menyalurkan bantuan kepada para korban gempa Lombok.

Keseluruhan dana akan digunakan untuk membangun 500 hunian sementara bagi 500 kepala keluarga, konstruksi dan rehabilitasi system perpipaan, tampungan air dan titik distribusi sepanjang kurang lebih dua kilometer di sekitar area masyarakat yang terdampak gempa, penyediaan jamban sehat, layanan kesehatan PMI yang di dalamnya termasuk klinik keliling dan home based care,  satu unit ambulan suntuk PMI kabupaten Lombok Timur, serta persediaan air bersih sebanyak 200.000 liter di Dusun Lekok dan Menggala – Lombok Utara.

Samsung Electronics Indonesia bersama karyawan Service Center secara mandiri juga telah membuka Posko Samsung Peduli serta dapur umum di titik pengungsian Dusun Lekok dan Menggala dimulai pada tanggal 16 September yang lalu. Kedua posko ini menyediakan layanan cuci gratis bagi para warga, serta dapur umum dipergunakan oleh warga setempat untuk menyediakan 600 bungkus makanan setiap harinya. Setelah satu minggu beroperasi, Posko Samsung Peduli di titik pengungsian Dusun Lekok dan Menggala telah melayani pencucian baju untuk 771 orang dan mencuci rata-rata1.770 pakaian setiap harinya, sedangkan Dapur Umum Samsung menghasilkan hingga lebih dari 9.000 bungkus makanan dan team service center memberikan perbaikan gratis untuk 23 unit alat elektronik yang rusak sebagian besar akibat bencana gempa.

Bencana alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat inimerupakan rangkaian gempa yang dimulai pada 29 Juli 2018 dengan beberapa kali goncangan antara empat hingga tujuh Skala Richter. Menurut laporan Palang Merah Indonesia per tanggal 15 September 2018, total jumlah warga yang terdampak bencana ini adalah 509.677 orang dengan rincian 560 orang meninggal dunia, 7.757 orang luka-luka, dan 396,032 orang terpaksa mengungsi. Bencana ini juga mengakibatkan 81,022 unit rumah rusak berat mengakibatkan orang kehilangan tempat bernaung dan rusaknya sarana dan prasarana umum sebanyak 1,154 unit. Khusus untuk di Kabupaten Lombok Utara saja, tercatat 467 orang meninggal dunia, 829 orang luka-luka, dan 101.735 orang menghuni posko pengungsian.

“Kami sangat prihatin dengan apa yang menimpa saudara-saudara kita di Lombok, terutama untuk area-area yang terkena dampak gempa paling besar dan masih membutuhkan bantuan, yaitu di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur. Untuk  itu kami bangun Posko Samsung Peduli di Dusun Lekok dan Menggala, Lombok Utara. Kami meneruskan kepedulian kami dengan mendonasikan Rp 1,5 Milyar melalui PMI untuk membangun hunian sementara, konstruksi dan rehabilitasi perpipaan saluran air, persediaan air bersih, penyediaan jamban sehat, serta layanan kesehatan dan bantuan mobil ambulans. Dari program ini, kami mengharapkan bias menghasilkan manfaat bagi 20.000 masyarakat terdampak sehingga mereka memiliki semangat untuk membangun kembali hidup mereka pasca bencana gempa Lombok.”ujar JaeHoon Kwon, President Samsung Electronics Indonesia.

LEAVE A REPLY