Foto By Tim

MEDIA BERITA KAWASAN – Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang digulirkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018 yang bertujuan untuk mewujudnyatakan pembangunan yang rata bagi Indonesia.

Di lapangan, hal tersebut berbanding terbalik dengan tujuan pemerintah. Seperti yang terjadi di Desa Jaya Sakti , Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji. Program Prona PTSL menjadi ajang pungutan liar (pungli) Aparatur Desa.

Dari keterangan Warga, Prona PTSL dibebani biaya kisaran Rp.7.500.000 s/d Rp. 1.000.000,-/ Sertifikat. Dengan besaran dana tersebut sudah dapat diduga adanya pungli dalam proyek Prona PTSL tersebut.

Hal tersebut dipertegas PN, yang namanya diinisialkan, dirinya membenarkan adanya tarikan biaya untuk pembuatan Sertifikat Prona PTSL dengan kisaran biaya dari Rp.750.000 sampai dengan Rp. 1.000.000,- per sertifikat.

“Ya pak, memang ada pungutan biaya untuk pembuatan sertifikat tersebut. Kami masyarakat kecil jadi hanya bisa manut, dan tidak tau menau untuk apa dana tersebut,” ungkapnya saat dikonfirmasi awak media.

Merujuk pada ketentuan, Prona PTSL, masyarakat hanya dikenakan biaya materai, fotokopi berkas pembuatan patok maupun tenaga desa .

Saat Media melakukan penelusuran dilapangan, pelaksanaan tersebut dikelola langsung oleh aparatur Desa setempat. Saat dikonfirmasi,membenarkan adanya pungutan biaya untuk pembuatan Sertifikat Prona PTSL.

“Ya, ada biaya untuk pembuatan sertifikat prona. Besarannya Rp,750.000 . sampai Rp. 1000.000/sertifikatnya. dengan jumlah sertifikatnya ada Puluhan buku,”

Ditempat terpisah, Joko selaku Kepala Desa saat dikonfirmasi enggan memberikan keterangan terkesan menghindar dan lari pertanyaan awak media.

Di lapangan, faktor kedekatan dan pengertian antara pemohon dengan aparatur kental memengaruhi. Kepentingan oknum masih mendasari terbit tidaknya sertifikat. Disitu ada ruang bagi Saber Pungli bertindak khususnya Saber Pungli Polres Mesuji.

Ingin tau apa tanggapan dari Saber Pungli Polres Mesuji. Tunggu edisi selanjutnya. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here