Inilah Tips Mengatur Keuangan Yang Berkah

0
141
Manfaat-sedekah
Foto By : masyarakattanpariba.com

BeritaKawasan.com – Banyak yang bilang jika gaji kecil tidak membutuhkan pengaturan keuangan itu adalah salah besar. Gaji yang kecil sebenarnya butuh diatur agar pendapatan tidak mutar di tempat saja bahkan minus alias punya banyak hutang. Supaya tidak terjadi pemborosan haruslah kita membuat rencana dan mengatur keuangan bahkan wajib.

Jika sudah mempunyai anggaran setiap bulannya anda bisa mengendalikan diri untuk tidak melanggar batas yang sudah ditentukan. Rencana anggaran tersebut meliputi pemasukan hingga pengeluaran. Buatlah rencana anggaran tersebut setiap bulannya. Buatlah skala Prioritas dengan cara menulis semua urutan hal yang paling penting diprioritaskan misalnya jika anda mempunyai hutang maka itu wajib diuatamkan untuk membayarnya.

Dengan begitu, nantinya terlihat berapa banyak jumlah utang yang harus dibayarkan. Dari sana Anda mengerti utang mana yang harus dibayarkan terlebih dahulu. Tak hanya utang-utang, tulis kebutuhan utama lainnya yang memang penting. Jika Anda merasa kehidupan terlalu mewah, tidak ada salahnya untuk menekan pengeluaran. Misalnya, kalau memiliki kebiasaan makan siang di kantin kantor, coba ubah kebiasaan tersebut dengan membawa bekal dari rumah. Tentunya hal ini akan jauh lebih menghemat pengeluaran sehari-harinya. Untuk transportasi, mungkin bisa mencari alternatif transportasi yang jauh lebih hemat. Maksimalkan untuk pengeluaran hanya memakan 40 persen dari pemasukan yang diterima.

 

 

Perketat pengeluaran untuk hal-hal yang sangat tidak penting dengan menyisihkan sebagian uang untuk mewujudkan mimpi yang sudah anda buat. Pendapatan yang terbilang kecil memang mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan manajemen yang baik untuk bisa memenuhi segala kebutuhan hidup.

Berikut adalah Mengatur Keuangan Yang Berkah :

  • Terapkan 3 S (Sedekah Sehari Seribu) Beramal/Infak Sodakoh karena 2,5 % rezekimu adalah milik yatim piatu dan janda tua. Jangan takut miskin untuk beramal jika anda iklas insya allah Tuhan akan balas 10 dari apa yang kamu beri bahkan lebih.
  • Terapkan Gaya Hidup Hemat dalam Kehidupan Anda Jangan berkecil hati walaupun memiliki gaji kecil Rezeki sudah Tuhan atur selagi kita mau bersyukur, Ikhlas, dan berikhtiar semua akan tercukupi.

LEAVE A REPLY