Inilah Tips Liburan Akhir Tahun Yang Menyenangkan

0
112
Pantai Perawan

BeritaKawasan.com – Libur panjang Hari Natal dan akhir tahun sudah di depan mata. Sebagian Anda mungkin sudah bersiap-siap mengambil cuti untuk libur panjang akhir tahun ke luar kota Jakarta. Liburan yang menyenangkan tidak harus pergi ke luar negeri. Lokasi berlibur di Indonesia┬ásangat luas dan ada sangat banyak tempat-tempat indah disini yang pastinya akan membuat liburan kamu semakin hemat, menyenangkan, dan pastinya semakin dekat dengan keluargamu.

Libur-Panjang
Mutiara Carita Cottage

Agar libur panjang Anda menyenangkan, langkah yang sangat penting ialah mengatur anggaran liburan dan menjalankannya dengan sepenuh hati. Dalam suasana liburan, biasanya tidak terasa isi tabungan terkuras habis. Sebaiknya sebelum liburan, Anda buatlah anggaran untuk liburan yang akan dijalani. Jangan sampai liburan panjang Anda menyisakan utang sehingga menyulitkan keuangan setelah liburan.

Baca juga : Festival Danau Toba 2017/Toptier.id

Saat menyusun anggaran liburan, Anda perlu mengalokasikan dana sesudah liburan hingga datang hari gajian berikutnya. Misalnya jika liburan akhir tahun Anda akan berakhir tanggal 3 Januari, Anda harus mengalokasikan kebutuhan rutin pribadi dan keluarga selama 20 hari berikutnya atau hingga tanggal 30 Januari saat gajian Anda diterima.

Sebab itu penting untuk melihat seluruh isi tabungan Anda dan mengalokasikannya secara proporsional. Utamakan alokasi dana untuk kebutuhan rutin pribadi dan keluarga sesudah liburan, daripada anda memaksakan memenuhi semua kebutuhan liburan. Jangan sampai karena tidak memperkirakan jumlah pengeluarannya, Anda terpaksa berhutang kesana kemari demi memenuhi kebutuhan setelah liburan.

Baca juga : Nuansa Rekreasi Alami

Anda memiliki kendali penuh atas keuangan Anda sendiri, maka itu liburan mau hemat atau tidak juga tergantung pada Anda, sebagai pengendali keuangan. Jika Anda mau berlibur tapi juga harus berhemat, maka tips di atas mungkin bisa membantu Anda. Segala sesuatu ada waktunya, jadi ambillah waktu sejenak untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga Anda yang menyenangkan.

LEAVE A REPLY