Inilah Penyebab Penderita Penyakit Diabetes

0
113
berobat-diabetes
Solusi Penyakit Diabetes

BeritaKawasan.com – Penyakit diabetes adalah penyakit kronis yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi hingga kematian. Oleh karena itu, cegah diabetes melitus mulai sekarang dengan melakukan gaya hidup sehat dan rutin beraktivitas fisik. Lakukan manajemen berat badan, pemantauan nutrisi dan olahraga rutin untuk menghindari risiko penyakit diabetes.

Penyebab penderita diabetes berbeda-beda, faktor lingkungan yang diduga berperan sebagai penyebab penderita diabetes adalah infeksi virus. Infeksi virus merupakan salah satu faktor yang diduga memicu gangguan sistem kekebalan tubuh dan kemudian mengganggu fungsi pankreas pada penderita diabetes.

Penderita diabetes dikenal sebagai insulin-dependent diabetes. Kegagalan pankreas dalam memproduksi insulin merupakan faktor penyebab utama dari diabetes ini. Diabetes umumnya dialami oleh anak-anak. Penderita diabetes tidak dapat memproduksi insulin karena mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan kerusakan sel pankreas. Penyebab pasti dari penderita diabetes diduga berkaitan dengan factor genetic atau bersifat menurun. Apabila Anda memiliki keluarga inti dengan riwayat penyakit diabetes, Anda pun memiliki risiko yang lebih tinggi.

Kegemukan disinyalir juga menjadi penyebab penderita diabetes. Bahkan, obesitas diyakini merupakan penyebab penderita diabetes yang utama. Bagaimana kegemukan dapat menjadi penyebab diabetes? Lemak yang menumpuk dalam tubuh dapat mengakibatkan resistensi insulin, yakni kondisi dimana insulin kurang sensitif sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik dalam mengatur kadar gula darah. Terutama timbunan lemak di perut yang ditandai dengan lingkar pinggang melebihi batas normal, yaitu ≥80 cm untuk wanita atau ≥90 cm untuk pria, merupakan faktor penyebab diabetes yang penting diperhatikan.

Dengan mengetahui penyebab diabetes, diharapkan Anda jadi lebih berhati-hati dalam menjalankan gaya hidup sehari-hari. Nah, bila Anda penderita diabetes silahkan klik disini

LEAVE A REPLY