Inilah Cara Utama Mendidik Anak Usia Tiga Tahun

0
118
belajar-bahasa-mandarin
Kegiatan Belajar LWTA

BeritaKawasan.com – Keluarga adalah tempat belajar pertama kali pada anak untuk mengetahui segala sesuatu yang ada di sekitarnya dan sarana untuk mengembangkan kepribadian. Sehingga orang tua, pengasuh, maupun semua anggota keluarga hendaknya memiliki kesepahaman yang sama dalam rangka mendidik dan membentuk anak agar berkembang menjadi pribadi yang baik. Tugas Anda sebagai orang tua adalah mengarahkan agar keinginan-keinginan anak tersebut sesuai pada jalur yang benar dan memberikan bimbingan pada anak tentang dasar kemandirian dan tanggung jawab.

Pada anak usia tiga tahun, sebaiknya libatkan anak untuk membantu pekerjaan sederhana agar si kecil mulai berlatih bertanggung jawab. Pekerjaan sederhana tersebut antara lain menyuruh anak untuk membuang sampah pada tempatnya, menaruh piring di tempat cucian, membereskan mainannya setelah selesai bermain, atau menaruh pakaian kotornya ke dalam keranjang. Arahkan agar pekerjaannya dapat dikerjakan dengan benar. Jangan langsung memberikan pekerjaan yang sulit kepada anak karena dapat membuatnya frustasi.

Cara mendidik anak usia tiga tahun tentunya berbeda dengan cara mendidik anak pada usia sebelumnya, sebab pada usia tiga tahun anak sudah lebih responsif dan mulai memiliki otonomi pada dirinya sendiri. Oleh karena itu pada masa inilah anak harus mulai diajarkan untuk mandiri. Pada usia tiga tahun ini biasanya terdapat perubahan perilaku pada anak, seperti anak menjadi egois, susah diatur, mudah marah, keras kepala, dan sebagainya. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, sebab pada tahapan ini anak mulai mengembangkan keinginan-keinginan dalam dirinya yang seringkali keinginan tersebut tidak sesuai dengan apa yang orang tua harapkan.

Ekstrakurikuler-LWTA
Belajar Komputer

Selain itu, pada usia tiga tahun merupakan masa yang tepat untuk mulai menanamkan nilai-nilai moral pada anak dan memberikan wawasan-wawasan baru. Pada tahap ini, anak sebaiknya mulai diajak untuk berfikir bahwa tidak semua apa yang diinginkannya dapat terpenuhi. Sehingga anak dapat berlatih untuk bersabar dan mengendalikan ego atau keinginannya. Anak hendaknya juga mulai diajarkan dasar-dasar kedisiplinan sehingga ketika mereka beranjak dewasa, kedisiplinan bukanlah menjadi suatu paksaan tetapi sudah menjadi suatu kebiasaan yang sangat ringan dan menyenangkan untuk dijalani. Peran orang tua pastinya sangat besar dalam menentukan keberhasilan anak untuk melewati periode ini. Oleh karena itu orang tua harus mempunyai pengetahuan yang luas tentang cara mendidik anak usia tiga tahun dengan benar.

Cara mendidik anak usia tiga tahun yang paling utama yaitu ajarkan kepadanya untuk latihan mandiri. Mandiri di sini maksudnya adalah suatu kegiatan yang dilakukan sendiri oleh anak, tentunya sesuai dengan kemampuan sesuai umurnya. Pada usia tiga tahun hendaknya diajarkan untuk mulai mengenakan pakaiannya sendiri, seperti memakai baju, celana, atau sepatu. Tentunya jangan dipaksa untuk langsung bisa, bimbinglah dengan sabar sedikit demi sedikit dari pakaian yang mudah dikenakan terlebih dahulu. Selain berpakaian, ajarkan juga kepada anak untuk makan sendiri. Pada awalnya mungkin makannya sedikit berantakan, tidak mengapa hal itu merupakan hal yang wajar. Bimbinglah untuk memakai sendok atau garpu dengan benar serta minum dari gelas biasa.

living-water-talent-academy
Bimbel Kesukaan Anak

Nah, bila Anda ingin mendidik anak usia tiga tahun diluar rumah silahkan hubungi Bimbel Living Water Talent Academy (LWTA) untuk menambah kemandirian dan pribadi yang memiliki rasa tanggung jawab dimasadepannya kelak. Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi LWTA di nomor telpon 021- 29562394 / 082228228022 atau datang langsung ke alamat di Komplek Rukan Sunter Terrace blok A 20, Sunter – Jakarta Utara. Advertorial

LEAVE A REPLY