Inilah Cara Mengetahui Anak Kita Egois Atau Tidak

BeritaKawasan.com – Egoisme merupakan sebuah tingkah laku yang didasarkan atas dorongan untuk keuntungan diri sendiri daripada untuk kesejahteraan orang lain. Di dalam kehidupan bermasyarakat, kita sering melihat perilaku egoisme seperti membuang sampah dari kendaraan pribadi, merokok di area publik, menghidupkan perangkat digital music dengan suara keras sehingga mengganggu tetangga, menyerobot dan membunyikan klakson di jalanan macet, dan lain sebagainya.

Perilaku egoisme yang mementingkan diri sendiri dan tidak memperdulikan orang lain ini merupakan penyakit mental masyarakat yang sewaktu-waktu akan membuat anak-anak buah hati kita seperti itu. Lalu bagaimana mengetahui penyebab egoisme ini?

Cara Mengetahui Anak Kita Egois Atau Tidak

Tidak ada Rasa Kebersamaan di Lingkungan Keluarga

Anda perlu mendeteksi apaka virus egoisme ada di rumah Anda?, Sering kita tidak menyadari tindak tanduk kita merugikan orang lain, seperti misalnya seorang ayah yang menguasai remote control telivisi untuk menonton acara pertandingan klub sepakbola favoritenya, tidak memperdulikan apakah istri dan anak-anaknya yang tidak menyukainya. Seorang ibu selalu memasak  masakan kesukaannya, tanpa tahu kesukaan suami dan anak-anaknya, atau anak-anak tidak mau meminjamkan mainannya kepada saudaranya. Bila demikian, Anda perlu waspada, virus egoisme mengincar anda dan keluarga anda.

Inilah Cara Mengetahui Anak Kita Egois Atau Tidak

Tipisnya Solidaritas dan Tenggang Rasa

Di hari libur, ketika Anda sedang membersihkan halaman rumah, anak Anda asyik  bermain smartphone, atau ketika ada salah satu anggota keluarga yang sakit, yang lain pura pura tidak tahu agar tidak disuruh suruh. Anda juga bisa mendeteksi apakah anak-anak Anda sering menghabiskan makanan tanpa mempedulikan saudara saudata lainnya?. Virus egoisme seperti itu juga perlu diwaspadai.

Kurangnya Keharmonisan dalam Keluarga

Rumahmu adalah istanamu, begitu kata orang bijak bicara tentang situasi keluarga yang nyaman lahir dan batin, sebaliknya rumahmu adalah nerakamu juga akan tercipta bilamana situasi penghuni rumah penuh dengan pertikaian, pertengkaran dan percekcokan. Tidak ada rasa percaya, saling tuduh membuat penghuni rumah terasa berada dalam situasi yang mencekam, panas bak berada dalam neraka dunia. Bila ini yang terjadi maka bahaya virus egoism akan merajalela dan berkembangbiak baik dirumah anak ,aupun di luar rumah, bahaya kan?

Mengetahui Anak Kita Egois Atau Tidak

Anak tidak Biasa Berbagi

Kebiasaan anak-anak yang saling berebut makanan, mainan, dan sebagainya, tidak baik dibiarkan terus. Dalam perkembangan anak, orang tua sering mengganggap hal ini sebagai hal sepele, dan wajar bila hal ini dibiarkan tindakan seperti ini akan meningkat pada saling sikut, lempar makanan dan lembar mainan dan tentu saja akan menimbulkan pertengkaran hebat yang membuat orang tua marah dan menjatuhkan hukuman. Virus egoisme ini akan tumbuh subur akan menjadi membahayakan kepribadian anak.

Mau Menang Sendiri

Dalam permainan anak sering dihadapkan situasi persaingan yang berujung pada kekalahan, anak sering tidak peduli apakah lawan main anak lebih baik atau lebih mahir. Yang penting dia harus menang apapun caranya. Anak tidak peduli temannya bermain sesuai aturan atau tidak yang penting dia tidak mau dikalahkan. Virus ini sangat membahayakan bagi kepribadian buah hati Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here