Himpunan Rumah Makan Padang (HIRPA) Terbentuk Menyusul Jakarta

BeritaKawasan.com –  Jakarta, (30/12/2018) Himpunan rumah makan padang di kota Tasikmalaya, Jawa Barat terbentuk dua tahun lalu kata ketua Hirpa Bahar Buyung.

Menurut dia, saat ini tercatat sekitar 879 kepala keluarga (KK) perantau minang menetap di tanah Pasundan Jawa Barat itu, 60 persen diantaranya berusaha di rumah makan warung Padang.

Ketika itu pengurus IKM Jabodetabek, Risman Thomas yang mengunjungi silaturahmi warga perantau “urang awak” memotivasinya dengan ungkapan , ” Karatak Madang di hulu babuah babungo alun, merantau anak dahulu di kampung paguno alun”

Perantau Minang ketika itu diminta Risman untuk membentuk IKM agar kesatuan dan persatuan tetap terjaga, namun pengurusnya mengatakan di Tasikmalaya sudah terbentuk Hirpa.

Meskipun ada Hirpa, diharapkan juga IKM perlu dibentuk ujar Ajo Bahar. Ia sudah menetap di Tasikmalaya sebagai tokoh minang sejak tahun 1970 an.

Ikatan keluarga Minang (IKM) Jabodetabek yang pertama kali dibentuk dan diresmikan oleh wakil gubernur Pemerintah DKI Jakarta tgl 16 Januari 2016 tahun silam itu, merupakan cikal bakal terbentuknya DPP IKM.

Ketua umum IKM Jabodetabek Adrian Adek,S.Sos,Map, ketua Pembina Marsda TNI Purn Drs Chairul Akbar, Marsda TNI Purn Niil Andri, SE. Penasehat Drs H. Djunaidi.,MM, pernah menjabat Sekretaris kota Administrasi Jakarta Timur.
Perjalanan organisasi IKM Jabodetabek, yang saat ini berjalan di tempat karena telah berdirinya DPP IKM yang diketuai DR.H.Fadlizon,SS, tambahan terbentuk DPW IKM Jakarta diketuai, mantan kepala Dinas UKM Jakarta.

Ketua Adrian Adek, pernah berkata, meskipun ada DPP IKM dan IKM Jakarta, kita tetap diposisi awal IKM Jabodetabek sebagai Pioneer perantau.

Perantau Minang yang bermukim dan menetap di Jakarta 3 tahun lalu tercatat yang memiliki identitas resmi De Jure und De Facto berjumlah 986 ribu jiwa, mendekati sejuta.

Menurut pemuka, jumlah perantau minang bisa mencapai 2 juta jiwa jika dihitung dengan yang belum memiliki identitas tetap di Jakarta.

Sama seperti di Tasikmalaya ada Hirpa tapi belum ada IKM. Kemudian dibentuk kepengurusan IKM sudah disampaikan ke DPP IKM untuk ditindaklanjuti.

Sekitar 3 bulan lalu berkumpul di kediaman sesepuh minang H Sidi Salman,SH, disepakti membentuk HIRPA dengan Komposisi ketua Dewan Pembina Prof. Dr H Yurnalis Uddin, anggota H. Bustaman,Adrian Adek, S.Sos,MAP, Penasehat H.Sidi Salman,SH.

Hasil urun rembug ditunjuk Ketua Drs Risman Thomas,MM. dengan Sekretaris Asri Dewi Cotto Bendahara Hj Mardiah Abuzar, SE.

Bidang Okk Akmal Nur, bidang Humas EkoYandes, bidang Pemasok kebutuhan Ridwan, bidang kemasyarakatan Nurhasanah, bidang Kesra Gusnedi, lain lain masih draft.

Pertemuan pekan silam masih menetapkan komposisi HIRPA dan program kerja yang belum tuntas, kata Gusnedi.

Penasehat Hirpa H Sidi Salman, meminta kepada perantau Minang di Jakarta untuk berkenan memperkuat HIRPA. Siapa saja dapat bergabung dengan Hirpa ? Sekretariat Jln Harun 2 no 4 yg Pasar Bunga Jakarta Barat, demikian Salman. (Pewarta 003)

Sumber : Ahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here