CARA MENDIDIK AGAR ANAK TIDAK EGOIS DAN CENGENG

BeritaKawasan.com – Karakter anak yang egois dan cengeng bukannya tidak bisa diubah namun membutuhkan penanganan yang khusus, agar sikap egois dan cengeng bisa hilang dari pribadi anak. Bagaimana cara mendidik anak yang manja, egois dan cengeng?

Sikap egois dan cengeng, karakter anak yang demikian sebenarnya tidak muncul dengan sendirinya, akan tetapi karakter anak yang cengeng dan egois sangat dipengaruhi oleh pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dan hal lain yang juga ikut berpengaruh pada pembentukan karakter anak adalah kondisi lingkungan tempat anak bersosialisasi.

Berikut adalah Cara Mengatasi dan Mendidik Agar Anak Tidak Egois dan Cengeng.

CARA MENDIDIK AGAR ANAK TIDAK EGOIS DAN CENGENG

# Biarkan anak menentukan sendiri pilihannya
Jika apa-apa saja yangberkaitan dengan anak, selalu orang tua yang menentukan maka jangan heran jika pada akhirnya anak menjadi cengeng dan egois. Peran orangtua dalam perkembangan anak memang sangat penting namun apabila terlalu mengambil peran anak maka hal tersebut justru akan berdampak kurang baik bagi anak.

# Biarkan anak yang melakukan sendiri
Jika anda betanya-tanya kenapa anak anda bisa menjadi sosok yang egois dan cengeng, maka bisa jadi penyebabnya adalah anda tidak pernah membiarkan anak melakukan sendiri hal yang sebenarnya anak anda bisa lakukan. Misalnya saja dalam hal mengikat tali sepatu, mengambil makanan di meja, membersihkan tempat tidur, dan masih banyak lagi aktivitas yang sebenarnya anak anda bisa melakukannya sendiri.

Salah satu alasan orangtua sehingga kelihatan memanjakan/ingin mempermudah aktivitas anak adalah karena orang tua merasa belum yakin apakah anaknya sudah bisa melakukan hal tersebut atau belum, atau bisa juga disebabkan oleh perasaan cinta orang tua terhadap anaknya sangat besar, sehingga tidak tega melihat anaknya kesusahan.

Namun sadarkah anda bahwa perlakuan yang berlebihan kepada anak sejatinya menjadi cikal bakal munculnya sikap manja dalam diri anak. Alhasil kebiasaan-kebiasaan untuk memberi yang terbaik untuk anak memicu terbentuknya karakter anak yang menjadi manja dan cengeng. Jadi biarkan anak anda melakukan sendiri berbagai hal yang bisa membuatnya lebih aktif agar sikap egois dan cengeng bisa hilang dari pribadinya

# Ajarkan anak bekerja keras
Mungkin bisa disimpulkan bahwa sebagian orang tua lebih memudahkan anak dalam mandapat yang dia inginkan, hal tersebut dalam waktu yang lama bisa membuat anak menjadi egois dan cengeng. Misalnya saja ketika anak meminta uang jajan atau minta untuk dibelikan mainan dan lain-lain, sebagian orang tua langsung memberikan begitu saja apa yang anak inginkan tanpa mengajarkan anak bagaimana cara berusaha dan bekerja keras dalam mendapatkan sesuatu.

Misalnya saja ketika anak anda meminta uang jajan, maka sebelum anda memberi apa yang anak anda inginkan, mintalah anak anda untuk mengerjakan sesuatu yang bisa mengajarkan bagaimana berusaha dan bekerja keras dalam mendapatkan yang dia inginkan, seperti meminta anak terlebih dahulu merapikan tempat tidurnya, menyapu di kamarnya, mencuci piring, mencuci sepeda, menyiram bunga-bunga dan lain-lain.

Hal tersebut bukan bermaksud untuk mengeksploitasi atau memanfaatkan anak, akan tetapi bertujuan untuk menumbuhkan sikap pekerja keras dalam diri anak. Dan dengan begitu anak akan belajar bahwa setiap hal yang ingin didapatkan butuh usaha dan kerja keras, selain itu sikap egois dan cengeng bisa diminimalisir dalam karakter anak.

LEAVE A REPLY